Bedah Buku: Bingkisan tuk Kedua Mempelai

Judul : Bingkisan tuk Kedua Mempelai

Penulis : Abu Abdirrahman Sayyid bin Abdirrahman Ash-Shubaihi

Penerbit : Maktabah Al-Ghuroba

Cetakan : Keempat, Mei 2011

Tebal : 602 hlm

Bingkisan tuk Kedua Mempelai, Panduan dalam Mengarungi Mahligai Pernikahan yang Diberkahi dan Diridhoi Allah Ta’ala. Buku terjemahan Kitab Risalah ilal Arusain wal Fatawa az-Zawaj wal Mu’asyaratin Nisa’ ini boleh dibilang buku yang sangat lengkap dalam kategori buku-buku pernikahan. Buku ini merangkum permasalahan-permasalahan menjelang pernikahan, sampai dengan paska pernikahan.

Dimulai dari definisi nikah, kemudian penjelasan tentang syari’at menikah yang meliputi anjuran dan dorongan untuk menikah, faidah-faidah pernikahan, tujuan pernikahan dan larangan tabattul.

Kemudian pada pasal kedua mulai dibahas masalah pranikah. Yang pertama dijelaskan tentang mahar pernikahan, dimana dalam pasal tersebut dijelaskan tentang larangan berlebih-lebihan dalam menetapkan mahar serta dampak negatifnya. Kemudian pada pasal berikut nya menginjak kepada masalah khitbah atau meminang. Bagian tubuh manakah yang diperbolehkan untuk dilihat pada saat khitbah? Dijelaskan pada pasal ini.

Pasal selanjutnya, mulai masuk pembahasan masalah pernikahan: tentang akad nikah, malam pertama dan adab-adab jima’

Kemudian dijelaskan hak istri atas suaminya, juga sebaliknya, kewajiban-kewajiban istri terhadap suaminya.

Buku ini juga dilengkapi penjelasan tentang hijab wanita muslimah, contoh-contoh kehidupan para shahabiyah, hukum-hukum seputar kelahiran, dan bagaimana penyelesaian konflik yang terjadi antara suami dan istri.

Dan yang menjadi daya tarik tersendiri dari buku ini adalah dimuatnya fatwa-fatwa para ulama tentang pernikahan. Tersebutlah fatwa-fatwa dari Syaikh Muhammad bin Ibrahim bin Ibrahim Alu Syaikh, Syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’diy, Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz, Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin, Syaikh Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin, Syaikh Shalih bin Fauzan al Fauzan dan fatwa-fatwa Al-Lajnah Daimah lil Ifta’. Lengkap sudah buku ini membahas masalah pernikahan.

Semoga buku ini memberikan manfaat dan barokah bagi kaum muslimin dan muslimat dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes