Bedah Buku: " Muhasabah Cinta"

"Pasti Ada Kemudahan Setelah Kesulitan"

"Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ad kemudahan, Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ad kemudahan" (QS: Al-Insyirah 5-6)

Begitulah Allah swt menghibur kita,, Begitulah Janji Allah, kalamNya yang langsung tertulis dalam Kitab Alqur'anul Karim. Dia menjanjikan kepada kita datangnya pertolongan setelah kita bersusah payah menjalankan perintah, akan selalu ada kemudahan di balik kesulitan. seperti Allah memerintahkan nabi ibrahim untuk menyembelih anaknya Ismail, padahal ismail adalah anak yang sangat disayanginya, anak yang teramat sangat dinantikan kedatangannya, tapi Allah memerintahkan kepada Nabi ibrahim untuk menyembelih anaknya sendiri, Ini Perintah! dan Nabi ibrahim maupun nabi Ismail taat kepada perintah Allah swt. meski bagi mereka sungguh hal itu adalah ujian yang sangat berat. lalu apa yang terjadi kemudian?? Allah memberikan kemudahan. Allah memberikan kebahagian, dengan menyelamatkan nabi Ismail dari hunusan pedang yang akan menebas lehernya. Allah menggantikannya dengan Domba. Allahu Akbar!!.

Seperti itu juga yang menimpa Rasulullah Saw disaat saat duka menyelimuti beliau, kepergian istri tercinta, Khadijah Ra dan sang paman abu thalib dalam waktu yang berdekatan, membuat beliau yang tak lain adalah seorang hamba dari kalangan manusia biasa, juga merasa kehilangan. hingga akhirnya Allah memberikan kebahagian lewat peristiwa isra' mi'raj, kepesonaan Rasulullah ketika tiba di Sidratul Muntaha dan menatap wajah Allah telah menghibur dan mengubur kepedihan yang dirasakannya. peristiwa itu membuat semangat dakwah Rasul semakin berkobar dan kian melimpah, dan Beliau pun turun ke bumi dengan wajah berseri dan menceritakan perngalaman perjalanan luar biasa itu kepada para sahabat.

Begitu pula halnya yang sering kita alami, Suatu saat ketika datang sebuah ujian yang membuat air mata berderai, membuat hati kian sakitnya, tapi Sabarlah dalam menempuh jalannya ujian. jangan lupa tetap membangun jalannya keteguhan hati terhadap sang Khalik. sebagaimana yang dilakukan oleh nabi Ibrahim dan Rasulullah saw, maka Pasti kemudian Allah mendatangkan pertolongan. Allah mendatangkan kebahagian pada kita yang membuat airmata menjadi kristal-kristal permata, dari tangis menjadi tawa, dan kita merasakan kesdihan itu lenyap sudah, dan seolah-olah kita tak pernah merasakan kepedihan itu. Maka berbahagialah! karena adalah suatu Kepastian dari Allah swt bahwa SETELAH KESULITAN PASTI ADA KEMUDAHAN.
---------------------

Begitulah sekilas isi buku dari Muhasabah Cinta yang bertema "Setiap Kesulitan Pasti Ada Kemudahan", bahwa janji Allah tentang datangnya kebahagian setelah kesulitan pasti ada!.. Janji Allah BENAR, Kalam Nya Benar,,, sedih pasti ada, namun kalau berlebihan gaswat juga,, tapi kawan, balik lagi ke diri kita, memilih untuk terpuruk dalam kesedihan itu atau bangkit dan melawan kesedihan itu sendiri,,, jangan sampai sedih itu membuat kita menangis hingga menguras bak mandi,, upsss,,, maksudnya menguras energi kita,,, Allah swt sangat membenci orang yang Pasrah Terhadap Nasib, yang Terpuruk dalam kesedihan serta menangis yang berlebihan, pokoknya yang BERLEBIHAN Allah gag suka,, TITIK!!!

Teman,,, semua orang pasti punya masalah,, aku, kamu kita semua punya masalah yang berbeda,, jelas,, setiap masalah yang kita hadapi bermacam-macam tingkat kesulitannya,,, namun taukah,,, saya juga bukan tipe orang yang gampang menyelesaikan masalah, bukan juga orang yang tersudut kalau masalah itu gag bisa saya selesaikan,,, kalau masalah datang saya lebih suka menghabiskan waktu luang di toko buku,, saya lebih memilih merefresh otak saya di toko buku untuk sementara,, namun saya bukan lari dari masalah, tapi hanya untuk mencari suasana baru dan yang jelas setiap saya ke toko buku, pemecahan dari masalah yang saya hadapi akhirnya terpecahkan. Insya Allah,, dan tak lupa juga banyak-banyak bermunajat kepada Allah agar di beri Kemudahan dalam menyelesaikan masalah ini.

Sabar dalam mengahadapi cobaan, sebab segala sesuatunya juga kembali kepada Allah. Allah swt tak mungkin menguji kita diluar batas kemampuan kita. Allah yang Maha Tau kita luar dan dalam, Allah yang Maha Tau keadaan kita dan hanya kepada Allah lah semuanya kembali.
Jika masalah itu datang jangan pernah berkata,"YA ALLAH SESUNGGUHNYA MASALAHKU TERAMAT SANGAT BESAR", TETAPI katakanlah, :" YA MASALAH SESUNGGUHNYA ALLAH TUHANKU MAHA BESAR!,", insya Allah kata-kata super dahsyat itu dapat membuat diri kita menjadi Dahsyat juga dalam mengahadapi masalah, Because Allah Always in our side. jangan pernah lupakan Allah dalam setiap masalah kita, jangan pernah tinggalkan Allah, karena semuanya kembali padanya. kalau kita menjauh, maka Allah lebih jauh dari kita TETAPI kalau kita mendekat, maka Allah lebih dekat sedekat urat nadi di leher kita. sedekat itulah Allah pada kita disaat susah maupun senang, oleh karena itu jangan tinggalkan Allah, Rasulullah dan juga semua perintahnya. seperti lirik lagunya Bang Maher Zain,"
Don't despair and never lost hope, cause Allah is Alaways by your side......
Insya Allah,, INsya Allah,, Insya Allah will find the way......

JANGAN BERSEDIH teman,,, sebab Allah sudah Berjanji bahwa SETELAH KESULITAN PASTI ADA KEMUDAHAN....
Sumber:mazdasoulran.blogspot.com

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes