Mesir Berada Di Balik Kesepakatan Gencatan Senjata Hamas-Zionis

MESIR- Mesir mengumumkan pada hari Rabu bahwa gencatan senjata telah dicapai untuk mengakhiri konflik antara Israel dan Palestina, mengakhiri pekan penuh pertumpahan darah di Jalur Gaza yang menewaskan lebih dari 150 orang.
Menteri Luar Negeri Mesir Mohamed Kamel Amr membuat pengumuman dalam sebuah konferensi pers bersama dengan Menlu AS Hillary Clinton, mengatakan gencatan senjata itu akan mulai berlaku dalam waktu kurang dari dua jam setelah kesepakatan.


"Beberapa saat lalu Perdana Menteri Benjamin Netanyahu berbicara dengan Presiden (AS) Barack Obama dan menyetujui gencatan senjata atas usulan Mesir. Ini memberi peluang untuk mendinginkan suasana," demikian pernyataan yang dikeluarkan kantor Perdana Menteri, Rabu waktu setempat (21/11/2012).

"Mesir telah melakukan upaya besar sejak awal eskalasi terbaru di Jalur Gaza, " kata Amr.


"Gencatan senjata akan mulai berlaku pada sembilan waktu Kairo (19.00 GMT)," ia menambahkan.

"Upaya ini dan kontak telah menghasilkan pemahaman untuk gencatan senjata dan mengembalikan tenang dan menghentikan pertumpahan darah dalam periode terakhir telah melihat," tambahnya.


"Mesir menyerukan kepada semua untuk memantau pelaksanaan apa yang telah disepakati di bawah sponsor Mesir dan untuk menjamin komitmen semua pihak untuk apa yang telah disepakati," katanya.



Seorang pejabat senior Hamas mengatakan kepada AFP sebelumnya bahwa Hamas dan Israel telah menyetujui kesepakatan untuk mengakhiri konflik selama seminggu mematikan di Jalur Gaza pada hari Rabu.



"Kesepakatan telah disepakati. Akan ada pengumuman dalam waktu setengah jam, " kata pejabat itu kepada AFP pada kondisi anonimitas.



Di Yerusalem, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menegaskan kesepakatan, mengatakan ia telah setuju setelah berkonsultasi dengan Presiden Barack Obama.

*Keterangan gambar: Menteri Luar Negeri Mesir Mohamed Kamel Amr bersama Menlu AS Hillary Clinton mengumumkan kesepakatan gencatan senjata (AFP/muslimdaily)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes