Bedah Buku: Mewaspadai Tipu Daya Wanita

“Sepeninggalku, tidak ada cobaan yang lebih berbahaya bagi pria daripada godaan wanita.” (HR Bukhari).

Dalam hadisnya yang lain, Rasul mengingatkan, “Maka, takutlah terhadap dunia dan takutlah terhadap wanita karena ujian pertama Bani Israil adalah soal wanita.” (HR Muslim).

Kedua hadis di atas menyebutkan, betapa berbahaya tipu daya wanita. Tapi, tentu saja wanita yang dimaksudkan bukan wanita mukmin yang salehah, melainkan wanita yang jauh dari agama.

Mereka itulah wanita yang memiliki akhlak tercela, suka melakukan tipu daya yang merugikan, baik terhadap pria maupun sesama wanita. Mereka menjatuhkan diri ke pangkuan iblis yang terkutuk beserta para muridnya demi merancang berbagai tipu daya, makar, dan muslihat.

Terhadap wanita yang seperti inilah, kaum Muslimin, terutama para pria mukmin diingatkan oleh Rasul agar selalu berhati-hati. Buku yang ditulis oleh Yuuf Rasyad dan diberi pengantar oleh Penasihat Universitas Al-Azhar dan Anggota Komisi Fatwa Kairo, Mesir, Syekh Sami As-Sarsawi ini berupaya mengupas segala hal terkait tipu daya wanita yang perlu diwaspadai oleh setiap Muslim.

Penulis mengawali bukunya dengan mengemukakan definisi tipu daya. Kemudian, bagian pertama memaparkan makar wanita yang disebutkan dalam Alquran, seperti pengkhianatan beberapa istri para nabi dan perbedaan antara makar wanita dan makar setan.

Bagian kedua menyajikan kecemburuan, makar dan godaan wanita dalam sunah Rasul, seperti kecemburuan para istri Rasulullah, makar madu, dan peringatan Rasulullah tentang godaan wanita.

Bagian ketiga mengungkapkan makar wanita dalam sirah Nabi, yakni Hamnah binti Jahsy dan Hindun binti Utbah. Bagian keempat menjelaskan tipu daya wanita dalam literatur kesusastraan Arab. Bagian ini menceritakan sejumlah wanita yang telah melakukan tipu daya atau makar terhadap para pria.

Buku ini diakhiri dengan bagian kelima yang mengemukakan faktor-faktor penyebab tipu daya, beberapa contoh kasus, dan obatnya.

Bagaimanakah caranya agar para Muslimah terlindung dari kesesatan jalan dan perbuatan makar? Penulis menegaskan, dengan mengambil pelajaran dari kisah-kisah dalam Alquran, antara lain, kisah Yusuf dan istri Al-Aziz.

Semua itu hanya dapat mereka hadapi dengan berlindung kepada Allah SWT serta berpegang teguh pada tali agama Allah yang kuat, yaitu Alquran yang mulia dan petunjuk Muhammad. Juga, dengan selalu menjaga diri dengan zikir, doa, dan berlindung dalam perlindungan Allah.

Buku ini perlu dibaca oleh setia Muslim maupun Muslimah. Ini penting agar mereka terhindar dari tipu daya wanita.

Judul         : Tipu Daya Wanita
Penulis     : Yusuf Rasyad
Penerbit  : Al-Kautsar
Cetakan  : I, Oktober 2012
Tebal        :  xx+256 hlm

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes