“Ummi, kok Mbak Itu Tidak Pakai Kerudung?”

Wartadakwah.net - Anak yang biasa mengenakan kerudung sejak dini suatu saat akan merasakan bahwa dirinya berbeda dengan teman-teman sebaya dan tetangganya. Ia merasa bahwa setiap keluar dirinya harus memakai kerudung, sementara orang lain dengan ringannya membuka aurat di luar rumah.
 
Pertanyaan seperti “Ummi, kok Mbak Itu Tidak Pakai Kerudung?”  seolah mewakili kebingungan standar pada diri anak. Pertanyaan tersebut juga sebagai pertanda bahwa diri anak sudah memulai penjelajahannya pada lingkungan sekitar. Ia mulai memperhatikan dan mengamati dirinya, keluarganya, tetangganya, dan lingkungan sekitarnya. Maka, bila terlihat sesuatu yang ia anggap ganjil, anak akan bertanya pada orang terdekatnya, ibu, ayah, kakek, nenek, atau kakaknya.

Keingintahuan ini merupakan hal yang wajar dan harus disikapi pula dengan wajar. Pertanyaan seperti ini hendaknya dijawab sesuai dengan tahap perkembangan pola pikir anak. Dan biasanya jika anak tidak puas dengan jawaban yang diperolehnya, ia akan terus bertanya, maka berikan jawaban yang memuaskan akalnya. Jangan sampai kita diamkan, karena problem bias standar akan melanda dirinya dan akan menyebabkan kerapuhan mental dan prinsip yang sudah kita tanam.

Lalu bagaimana cara menjawabnya? Pertama, terangkanlah bahwa berkerudung adalah perintah Allah, kemudian sebutkanlah alasan-alasan yang menyebabkan seorang tidak berkerudung. Diantaranya, karena mungkin Mbak itu bukan seorang muslimah atau seorang muslimah namun belum tahu dan mengerti kewajiban berkerudung, atau sudah tahu tapi enggan berkerudung karena merasa ribet dan gerah.

Sampaikan pula padanya bahwa ketika seorang muslimah yang sudah baligh berkerudung ia akan mendapatkan pahala dari Allah dan sebaliknya jika tidak berkerudung di luar rumah ia akan berdosa. Membuka aurat adalah salah satu dosa besar. Bila anak sudah masuk usia 5 tahun biasanya anak sudah mengerti reaksi-reaksi lingkungan terhadap perilaku seseorang, maka dapat kita tambahkan pula alasan bila seorang muslimah menutup auratnya ia akan aman dari gangguan laki-laki iseng karena laki-laki akan sungkan untuk mengganggunya.

Disadur dari Menshalihkan Anak sejak Dini karya Asadullah Al-Faruq dengan beberapa tambahan dari redaksi.

(esqiel/muslimahzone.com)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes