6 Dampak Buruk Smartphone terhadap Kesehatan

Wartadakwah.net - Era Teknologi informasi masa kini menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Secara tidak sadar kehidupan kita menjadi sangat bergantung dengan berbagai produk teknologi tersebut. Salah satunya smartphone. Alat komunikasi canggih itu hampir tidak pernah terlepas dari tangan. Bahkan tidak sedikit dari Anda yang dapat melihatnya lebih dari 150 kali dalam sehari. Namun tahukah Anda jika smartphone dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mulai dari mata hingga tulang belakang?

Berikut ini adalah enam dampak buruk smartphone yang perlu diwaspadai:

1. Merusak mata
 
Apakah Anda pernah merasakan mata kering setelah memakai smartphone? Hal itu disebabkan karena Anda terlalu lama fokus pada benda kecil dalam jangka waktu yang cukup lama. Jika terus dibiarkan bisa berdampak pada peradangan dan infeksi mata.

Selain itu menurut penelitian, penggunaan smartphone juga dapat menyebabkan Presbyopia yaitu ketidakmampuan mata untuk fokus melihat objek yang dekat, biasanya mulai diderita orang berusia 40 tahun ke atas. Penyakit itu dapat muncul akibat kebiasaan melihat layar handphone dengan jarak yang sangat dekat.

Solusi: Besarkan ukuran teks pada smartphone Anda. Gunakan ketika berada dalam ruangan dengan penerangan yang cukup dan tidak lebih dari 15 menit.

2. Merusak tulang belakang (iPosture dan Text Neck)
 
Penggunaan smartphone dapat mengubah postur tubuh kita. Seperti yang dipaparkan oleh Kirsten Lord, fisioterapis, tubuh kita merupakan produk dari apa yang kita lakukan sehari-hari.

Dapat dilihat sekarang banyak orang yang merasakan sakit di leher atau pundaknya. Hal ini disebabkan karena kita sering mencondongkan badan ketika membaca sesuatu di handphone atau tablet. Posisi seperti itu dapat meremukkan bagian atas tulang belakang dan menekan syaraf yang menuju ke kepala. Sehingga menyebabkan sakit kepala serta rasa kaku dan kelelahan.

Solusi agar tidak terkena efek ini adalah mensejajarkan layar smartphone dengan mata, bukan berarti dengan cara tiduran ya, karena itu akan membebani mata kita.

3. Mengubah bentuk rahang
 
Penggunaan smartphone berlebihan juga dapat menyebabkan bentuk rahang anda berubah. Dr. Sam Bunting seorang dokter kulit mengatakan, "Aku melihat peningkatan jumlah perempuan usia 30-an yang khawatir akan bagian bawah wajahnya melemah. Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit berkurang dan menekuk leher selama berjam-jam untuk memainkan smartphone dapat menyebabkan kulit tertarik ke bawah."

4. Kualitas Tidur Buruk

Ketika seseorang tidur, melihat smartphone dalam kondisi lampu mati. Hal tersebut akan menganggu tidur dan mata penguna sendiri. Satu infografik mengambarkan kebiasaan buruk dari penguna smartphone.
  • 95% pemilik perangkat elektronik di Inggris akan melihat smartphone mereka menjelang tidur. Setidaknya sekitar 1 jam.
  • Mereka yang berusia 18-29 tahun malah tidur dengan smartphone disamping
  • 50% ada yang terbangun hanya untuk melihat pesan atau informasi di smartphone.
Apa lagi kebiasaan kurang baik dengan teknologi modern. Sekitar 25% pemilik smartphone langsung tidur tanpa mengecilkan volume atau membuat silence mode. 10% rutin bangun untuk memeriksa email, telepon atau chatting.
Tidak hanya smartphone, efek televisi yang ditonton menjelang tidur juga berdampak bagi kualitas tidur. Karena jantung akan lebih cepat ketika menontont teleivisi.

5. Text Claw (Keram jari)
Nah text claw ini merupakan efek keram pada jari akibat keseringan kirim sms, bbm, atau bagi yg suka berkicau di dunia maya, bisa juga karena terlalu lama bermain game.
Taukah bahwa efek samping lainnya adalah dapat menyebabkan peradangan pada tendon dan mengakibatkan tendinitis dan carpel tunnel loh.

6. Cell Phone Elbow Claw
 
Untuk Cell Phone Elbow Claw ini merupakan keram siku akibat tangan terlalu sering menekuk. Dan pasti karena terlalu sering bermain smartphone juga. Bisa juga berdampak mati rasa jika berlebihan. Lantas bagaimana solusi agar tidak menderita text claw dan cell phone elbow claw?
Solusi untuk mengurangi dampak ini adalah dengan tiap beberapa menit sekali lemaskan jari serta siku-siku kalian, lakukan pelemasan dengan cara meluruskan lengan dan gerakkan lengan kedepan dan belakang. Jangan lupa juga untuk melemaskan jari dengan cara menggemgam. Dan juga kurangilah dalam mengguanakan smartphone kalian.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes