9 Kebiasaan Buruk Istri yang Bikin Jengkel Suami

Wartadakwah.net - Pria dan wanita memang berbeda, baik secara fisik maupun emosional. Pernah merasa jengkel pada suami karena kebiasaan buruknya? Yap, demikian pula suami, bisa merasa jengkel juga dengan kebiasaan buruk kita sebagai istri.
 
Kemampuan suami dan istri untuk saling beradaptasi, dan tidak sekadar “Terima saya apa adanya dong! Saya kan orangnya memang begini” in syaa Allah bisa membuat rumah tangga kita lebih adem ayem dan tenteram.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Maukah aku beritahukan kepada kalian, istri-istri kalian yang menjadi penghuni surga yaitu istri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: “Aku tak dapat tidur sebelum engkau ridha.” (HR. An-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257. Silsilah Al-Ahadits Ash Shahihah, Asy- Syaikh Al Albani rahimahullah, no. 287)
Berikut ini 13 kebiasaan buruk istri yang biasanya bisa bikin suami jengkel, yuk disimak agar bisa diminimalisir:

1. Biang gosip
Istri bisa tahu kabar terkini dari seluruh orang di komplek perumahan atau satu kampung? Wow, luar biasa! Kalau kabar yang diinfokan adalah sesuatu yang penting, misalnya “Mas, si fulan kemarin ku dengar sakit dan sedang dirawat di Rumah Sakit situ, kita jenguk yuk!” tentunya tidak masalah yaa.

Akan tetapi, jika kabar terkini yang diperoleh istri merupakan gossip tidak penting, atau hanya membikin hati suami panas, waduh… sebaiknya dihilangkan!

“Tahu nggak Mas, tetangga sebelah katanya bakalan beli mobil baru, gimana nih Mas… masa kita belum punya mobil?!”
-__-

2. Mengeluh dan terus mengeluh
Keluhan sama sekali tidak enak untuk didengar.

“Ealah… hidup saya kok malang begini yah, uang belanja cuma sedikit, harga-harga pada naik, aduuh… pusiiing!”

Sebenarnya dengan mengeluh seperti itu pun, in syaa Allah tidak akan menaikkan uang belanja atau menurunkan harga-harga barang, pasalnya… suami juga sudah pusing mendengar keluhan kita setiap hari.

Coba lakukan sebaliknya! In syaa Allah keadaan akan berubah.
“Alhamdulillah, terima kasih Mas, uang belanja akan aku cukup-cukupin, aku doain bulan depan Mas bisa kasih uang belanja lebih banyak!”
Suami akan lebih semangat mencari nafkah ketika memiliki istri yang bersyukur.
3. Budak fashion
Ini dia kejengkelan suami berikutnya, istri yang tidak mau ketinggalan fashion. Ada jilbab model Alyssa Soebandono, dibeli. Model Dewi Sandra, dibeli juga.

Memang sih berdandan dan tampil cantik tujuannya juga untuk menyenangkan suami, akan tetapi kalau terlampau diperbudak oleh fashion alias berlebih-lebihan, siapa juga yang tahan menanggapinya? Punya koleksi sepatu selusin, hijab tiap model ada minimal 5 warna, belum lagi gamis…

“Mas, ada gamis model baru nih, aku kan udah lama nggak beli gamis, terakhir beli minggu kemarin, aku mau beli lagi yaa yang ini!”
4. Shopping berlebihan
Belanja berlebihan juga menjadi kebiasaan istri yang membuat suami mengurut dada. Melihat diskon sedikit, langsung beli. Melihat foto barang nge-cling sedikit di toko online, langsung pesan.

Istri harus bisa sedikit mengerem kemampuan menghabiskan uang bulanan dengan cara shopping. Coba deh uang untuk shopping disaingi dengan uang untuk sedekah dan beramal, pastinya lebih mak nyos!

5. Suka ikut campur permasalahan orang lain
Para istri juga harus mengerem kebiasaan suka ikut campur permasalahan orang lain. Baik itu permasalahan keluarga, sahabat, atau permasalahan suami sendiri. Jika tidak diminta, lebih baik tidak usah diikut campuri. Kecuali jika kita dimintai pendapat atau dimintai tolong untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

6. Bertindak seolah-olah suami bisa membaca pikiran orang
Istri sering kali diam saja, tapi menginginkan suami paham perasaannya. Wah, memangnya suami kita ahli membaca pikiran orang?

Jika ingin suami mengetahui perasaan kita, tidak perlu sampai menulis status di social media, langsung sampaikan pada suami apa yang menjadi uneg-uneg kita. In syaa Allah cara demikian bisa lebih jelas dan melegakan pada suami.

7. Cerewet berlebihan
Apa pun dikomentari, membuat suami pusing tujuh keliling.
Memang sih kemampuan wanita dalam berbicara itu luar biasa, tapi perlu sekali mengetahui waktu dan tempat yang tepat untuk berbicara. Tidak setiap hal patut untuk dibicarakan.

8. Memperingati segala hal
Hari ini hari jadi pernikahan yang ke sekian. Minggu depan hari pertama kali bertemu dengan suami. Bulan depan hari pertama kali gigi anak tumbuh. Yang lebih parah, ketika istri menuntut suami untuk mengingat semua peringatan tersebut.

“Mas jangan lupa… besok ulangtahun ibuku!”
Kalau tidak ingat, suami dituduh tidak perhatian. Akhirnya ribut kecil hanya karena suami lupa tanggal ulang tahun. Jangan sampai itu terjadi dalam rumah tangga kita yaa…

9. Mengatakan ‘tidak apa-apa’ padahal marah
Ini dia hal tak kalah pentingnya, istri sering kali bilang ‘tidak apa-apa’ padahal ‘ada apa-apa’, wajah menekuk cemberut, bibir manyun, tapi bilangnya tidak apa-apa, ini yang bikin suami bingung.

Coba minimalisir hal seperti ini, bicarakan baik-baik jika ada masalah, dan kalau pun bilang ‘tidak apa-apa’, pastikan bahwa itu memang tidak apa-apa sungguhan, sehingga suami tidak menebak-nebak apa kesalahannya, melainkan bisa langsung memperbaiki diri. 

Sumber: ummi-online.com

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes