9 Kebiasaan Buruk Suami yang Perlu Diperbaiki!

Wartadakwah.net - Para suami biasanya memiliki kebiasaan buruk yang membuat ilfil istrinya. Tidak jarang kebiasaan kecil sekalipun memicu pertengkaran dalam rumah tangga. Penting untuk meminimalisir hal-hal menyebabkan timbulnya keretakan-keretakan dalam biduk rumah tangga kita.
 
“Ingatlah ! Perlakukanlah kaum wanita (istri-istrimu) dengan baik. Sesungguhnya mereka adalah semacam tawanan di sisimu. Kamu tidak memiliki hak apapun dari mereka selain itu, kecuali mereka melakukan perbuatan keji yang nyata. Jika mereka melakukannya, hindarilah mereka di tempat tidur dan pukullah mereka dengan pukulan yang tidak melukai.
Jika mereka patuh kepadamu maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyalahkan mereka. Ingatlah ! Sesungguhnya kamu punya hak atas istri-istrimu, dan istri-istrimu pun punya hak atas kamu. 

Adapun hak kamu atas istri-istrimu ialah mereka tidak boleh mengizinkan orang yang tidak kamu sukai menginjak tempat tidurmu dan tidak mengizinkan orang yang tidak kamu sukai masuk ke dalam rumahmu. Ingatlah ! Hak mereka atas kamu ialah kamu harus berbuat baik kepada mereka dalam memberikan pakaian dan makanan mereka.” (HR.At-Tirmidzi, 1163 dan Ibnu Majah,1851)

Apa saja sih kebiasaan buruk suami yang perlu diperbaiki, ini 9 di antaranya, semoga info berikut bermanfaat:

1.      Menaruh barang seenaknya
Istri capek-capek merapikan rumah, dalam sekejap suami dan anak-anak membuatnya seperti kapal pecah lagi. Handuk di atas kursi, sepatu sebelah di depan pintu, sebelah lagi di kolong motor, piring dan gelas tercecer di atas meja. Fiuhh!

Anak-anak mungkin masih bisa dimaafkan karena belum paham, bagaimana dengan suami? Ayolah para suami, bantu sedikit saja pekerjaan rumah tangga istri dengan mengubah kebiasaan buruk yang satu ini.

Taruhlah handuk di jemuran, piring dan gelas kotor di wastafel, sepatu dirapikan depan pintu masuk, dan barang-barang ditaruh kembali ke tempat semula. In syaa Allah istri tidak akan lagi banyak mengeluh karena kecapekan membereskan rumah.


2.      Jarang Mandi

Suami jarang mandi? Bikin ilfil!
Para suami… penting untuk membersihkan diri, minimal mandi sekali sehari dengan menggunakan produk shampoo dan sabun. Apalagi jika menikahi perempuan yang sangat peduli kebersihan, kerapihan, dan wewangian, setidaknya imbangilah ia dengan penampilan yang bersih!

3.      Berkata kasar
Kebiasaan lainnya adalah berkata kasar. Disalip oleh motor lain dari belakang, langsung deh keluar ucapan tak pantas!
Ayoo, kontrol lah emosi, terutama ucapan-ucapan yang kasar. Bukankah muslim tidak pantas untuk berucap sumpah serapah?

4.      Membicarakan wanita lain
Membicarakan kehebatan wanita lain di depan istri? It’s a BIG NO!
Walaupun wanita yang dimaksud sudah berkeluarga, tetap saja istri akan merasa ilfil karena seolah-olah diperbandingkan dengan wanita tersebut!

5.      Jarang menyisir rambut, mencukur kumis dan merapikan jenggot
Rambut dan jenggot awut-awutan? Waduuh, nggak enak dilihat pastinya!
Kecuali jika istri suka penampilan yang berantakan, silakan saja bergaya bebas!
Akan tetapi, umumnya perempuan menyukai suaminya berpenampilan rapi.

6.      Tidak menyiram bersih sehabis buang air kecil
Masih ada bau tak sedap sehabis suami menggunakan WC? Haduh, pastinya mengganggu sekali. Coba deh siram dengan bersih ketika buang air kecil maupun buang air besar. Bukankah kebersihan adalah sebagian dari iman? Ayo silakan dipraktekkan!

7.      Mengambil pakaian asal-asalan dari dalam lemari
Pakaian sudah dicuci, jemur, dan setrika dengan rapi, tiba-tiba semuanya amburadul ketika suami mengacak-acaknya.
Daripada tidak bisa mengambil baju dengan baik, sebaiknya hubungi langsung istri dan minta tolong untuk diambilkan dari lemari.

8.      Buang angin atau sendawa sembarangan
Buang angin keras-keras dan kemudian menjadikannya lelucon, bagi sebagian perempuan adalah perbuatan yang tidak patut. Demikian juga bersendawa.
Kecuali kalau istri tidak mnempermasalahkannya, coba deh minimalisir kebiasaan yang satu ini!

9.      Tidak memperhatikan jika pasangannya berbicara kepadanya, terutama ketika sedang menonton pertandingan bola

Istri sangat gemas manakala suaminya asyik nonton sedangkan ucapan istri dibiarkan , diabaikan dan tidak didengarkan.

Para suami, sepak bola terkadang banyak siaran tundanya, akan tetapi kata-kata sang istri kalau disuruh siaran tunda, sudah pasti membuat telinga istri berasap, dan pipi memerah.
Cukup luangkan beberapa menit untuk mendengar istri bicara, in syaa Allah bisa membantu merasa lega karena ternyata suaminya memperhatikannya.

Sumber: Ummi-online
Tag: #Keluarga Sakinah

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes