Ini 4 Penyebab Pasangan Berbohong

Wartadakwah.net - Pernahkah menemukan pasangan kita berbohong? Bagaimana rasanya dibohongi? Tentu ada rasa sakit, kecewa, kesal. Akan tetapi tunggu dulu, alih-alih marah dengan kebohongan pasangan, ada baiknya kita cari tahu dulu penyebab pasangan berbohong.
 
Mungkin saja kesalahan tidak seluruhnya ada pada pasangan kita, maka penting sekali memahami psikologis pasangan dengan menanyakan langsung, apa yang membuatnya berbohong atas suatu hal, dari jawabannya, kita akan mengetahui apakah ia sungguh-sungguh terpaksa berbohong, atau jangan-jangan sudah menjadi kebiasaan mendarah daging.


Berikut ini beberapa alasan pasangan hidup berbohong pada kita:



1.Terlalu banyak aturan
Sahabat Ummi… Percaya atau tidak, terlalu banyak aturan justru akan membuat seseorang berbohong.

Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan batas-batas kebebasannya semakin terkungkung. Ingat, tak ada seseorang pun yang suka diberitahu secara berlebihan apalagi didikte atas apa yang harus dilakukannya.

Solusi: Buatlah aturan hanya untuk hal-hal yang penting! Sedangkan untuk hal kecil yang dapat ditoleransi, cobalah untuk member kepercayaan dan kebebasan untuk pasangan.
2.Takut dikritik
Pasangan biasanya akan mencari dukungan dan penghargaan satu sama lain, akan tetapi jika mendapat kritikan atau hukuman atas apa yang diperbuat, akan membuatnya tidak nyaman dan memilih untuk berbohong.

Solusi: Jangan membiasakan diri mengkritik pasangan, setiap orang memiliki perbedaan cara pandang dan standar nilai. Lebih hargai pasangan kita, baik kekurangan maupun kelebihannya.


3.Kebiasaan berbohong
Ini hal yang berbahaya, ketika pasangan sudah terbiasa berbohong, maka akan sangat sulit untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Cara yang harus ditempuh adalah dengan taubat nasuha.

Solusi:  Sadarkan pasangan bahwa bebrohong bukanlah karakter seorang muslim/muslimah, yang bisa dipegang dari manusia adalah perkataannya



4. Mengalami tekanan
Orang yang berada di bawah tekanan tak memiliki keleluasaan waktu untuk memberikan argumen. Karenanya untuk menyelamatkan diri, mereka pun lebih menikmati cara mudah untuk “cari aman” yakni dengan berbohong.
Solusi: Berikan keleluasaan pada pasangan kita dan hentikan terus-menerus memberinya tekanan.

Sumber: Ummi-online.com

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes