Parlemen Prancis Mengakui Kenegaraan Palestina

Wartadakwah.net - ANGGOTA parlemen Prancis memberikan suara mendukung resolusi yang menyerukan pemerintah Prancis untuk mengakui negara Palestina.

Resolusi tersebut diadopsi oleh 339 anggota parleman pada Selasa kemarin (2/12/2014.
Namun 151 anggota parlemen memilih menentang resolusi yang diusulkan oleh kelompok Sosialis tersebut. Senat Prancis juga diharapkan akan memberikan suara terkait resolusi yang sama pada 11 Desember mendatang.

Menteri Luar Negeri Prancis Laurent Fabius mengatakan Prancis akan mengakui Palestina sebagai sebuah negara jika upaya perdamaian gagal.

“Jika usaha terakhir negosiasi tidak berhasil, Prancis akan memikul tanggung jawab mengakui negara Palestina,” ujar Fabius.

“Prancis mengakui Negara Palestina, bukan sebuah kebaikan, tapi itu adalah hak,” katanya.
“Prancis adalah teman rakyat Israel dan rakyat Palestina. Prancis akan mengakui negara Palestina. Pertanyaannya adalah kapan dan bagaimana? Karena itu perlu adanya pengakuan ini sehingga berguna untuk upaya memecah kebuntuan dan berkontribusi dalam mencapai penyelesaian akhir konflik ini,” tambahnya.

Otoritas Palestina (PA) pada Selasa kemarin menyambut hasil suara oleh Majelis Nasional Prancis (parlemen) yang mengakui negara Palestina dan mendesak pemerintah Prancis untuk mengikutinya.

“Ini adalah langkah berani ke arah yang benar,” kata Otoritas Palestina dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh kantor berita resmi Wafa.

Pernyataan PA mengatakan bahwa suara parlemen Prancis menyajikan masa depan proses perdamaian Timur Tengah, meningkatkan prospek untuk solusi dua negara dan pembentukan negara Palestina dengan perbatasan pra-1967.[fq/islampos/worldbulletin]

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes