Peringatan 10 Tahun Tsunami Aceh Dihadiri 36 Negara, Jokowi Absen

Wartadakwah.netAda 36 perwakilan negara yang hadir dalam peringatan 10 tahun Tsunami. Ke 36 negara merupakan donor yang terlibat membantu Aceh pascatsunami 26 Desember 2014 silam yang menelan korban tewas 250.000 dan menghacurkan 100.000 rumah penduduk serta berbagai sarana publik . 

Peringatan 10 tahun tsunami Aceh yang berlangsung, Jumat (26/12) pagi ini dipusatkan di Lapangan Blang Padang, Banda Aceh.

Sejumlah pemimpin pemerintahan yang akan hadir antara lain Perdana Menteri Singapura dan Perdana Menteri Malaysia. Akan hadir pula perwakilan dari beragam lembaga bilateral dan multilateral.  

Koordinator peringatan 10 tahun tsunami, Azhari Hasan, mengatakan, doa dan zikir diikuti sekitar 8.000 warga. "Selain berdoa, dan zikir ada juga tausiyah (ceramah agama refleksi tsunami)," kata dia ditemui di lokasi.

Gubernur Aceh Zaini Abdullah kepada wartawan mengatakan, awalnya peringatan 10 tahun tsunami akan dihadiri Presiden Jokowi. Namun karena Presiden ada agenda lain, maka peringatan tsunami dilakukan oleh Jusuf Kalla.

Peringatan 10 tahun tsunami dimaksudkan sebagai refleksi tsunami, ucapan terima kasih kepada negara yang membantu Aceh, momentum kebangkitan dan ajang edukasi tentang bencana tsunami.

Degasi perwakilan negara yang sudah menyatakan hadir pada peringatan 10 tahun tsunami adalah Sudan, Amerika Serikat (AS), Inggris, Jerman, India, Swedia, Jepang, Perancis, Tiongkok, Kuwait, Venezuela, Uni Eropa, Swiss, Irlandia, Singapura, Italia.

Selanjutnya Belanda, Belgia, Portugal, Denmark, Slovakia, Armenia, Azerbaijan, Turkei, Korea Selatan, Oman, Finlandia, Ceko, Spanyol, Malaysia, Polandia, Kanada, Bangladesh, Australia dan Selandia Baru. “Ada juga organisasi internasional yang akan hadir," kata Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Mahyuzar.[beritasatu/islamedia]

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes