Tangkal Radikal Bebas dengan 7 Buah Ini

Wartadakwah.net - Faktor lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat membuat kita kian 'akrab' dengan radikal bebas. Apalagi bagi masyarakat perkotaan, polusi, radiasi, dan segala makanan tidak alami menjadi faktor penyebab munculnya radikal bebas. Radikal bebas bisa menyerang jika metabolisme tubuh kita cenderung sedang rendah. Untuk mencegahnya, perbaiki pola hidup, dan perbanyak makan makanan alami seperti ketujuh buah ini, yang kandungan vitamin C-nya dapat membantu enzim pencernaan, sebagai antioksidan, serta membentuk kolagen dan struktur protein.

1.Jeruk
Sari buah jeruk mengandung 40-70 mg vitamin C per 100 ml, tergantung pada jenisnya. Namun tahukah Anda, semakin tua dan semakin manis rasa sebutir jeruk, kandungan vitamin C-nya justru berkurang.

2.Mangga
Setiap 100 gram potongan mangga siap makan mengandung vitamin C sebanyak 41 mg, sedangkan mangga muda lebih besar kandungannya, yaitu 65 mg. Jadi, bila Anda mengonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kebutuhan vitamin C yang dianjurkan dapat terpenuhi.

3.Kiwi
Dalam setiap butirnya, kiwi menyimpan vitamin C sekitar 68 mg dan cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C orang dewasa per hari.

4.Jambu biji
Tahukah Anda, meski rasanya tidak seasam jeruk, namun jambu biji mengandung vitamin C sekitar 87 mg, dua kali lipat dari jeruk manis (49 mg/100 g), dan delapan kali lipat dari lemon (10,5 mg/100 g). Begitu pula bila dibandingkan dengan jambu air (5 mg/100 g). Kadar vitamin C jambu biji jauh lebih tinggi. Itulah sebabnya konsumsi buah ini sangat dianjurkan untuk memulihkan daya tahan tubuh Anda.

5.Kelengkeng
Buah mungil bercita rasa manis ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 49,82 mg/100 gram.

6.Tomat
Selain kaya vitamin A dan baik untuk kesehatan mata, serta lycopene yang baik untuk kecantikan kulit, tomat juga mengandung 40 mg vitamin C dalam setiap butirnya. Selalu gunakan tomat sebagai penambah citarasa segar dalam makanan Anda.

7.Pepaya
Buah berwarna oranye nan legit ini dikenal baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Kandungan serat halus pepaya memang baik bagi anak balita hingga orang lansia. Selain itu, kandungan antioksidannya juga tinggi dan mengandung 74 mg vitamin C.


Selain buah-buahan ini, sayuran berwarna hijau seperti brokoli, serta kol, melon, dan stroberi juga mengandung vitamin C bermutu tinggi dan antioksidan. Konsumsilah makanan-makanan ini dari sekarang agar kita tak perlu sering-sering berkunjung ke dokter.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes