10 Tips Agar Cinta Tak Memudar

Wartadakwah.net - Pembaca yang budiman, masih bisa merasakan getaran ketika melihat pasangan hidup kita? Biasanya, pasangan pernikahan lambat laun telah kehilangan gairah, dan keliru menganggap bahwa cinta dan gairah hanya ada pada pasangan yang berpacaran saja.

Padahal semestinya, dalam pernikahan yang telah bertahun-tahun pun, cinta dan gairah tetap ada, tidak malah memudar.

Ada beberapa hal atau upaya yang dapat dilakukan untuk kembali menumbuhkan cinta yang terasa telah pudar:

1.SADARI!
Pertama-tama, kedua-duanya baik suami maupun istri harus menyadari sudah kehilangan cinta pada aspek emosional dan biologisnya. Yang tertinggal sekarang adalah cinta pada aspek kognitif, aspek pikiran dan aspek rohani semata. Kalau memang kita akui gairah cinta itulah yang hilang, sekarang bagaimana agar siap memperbaikinya.

2. KENALI!
Kenali penyebab pudarnya cinta dalam kehidupan rumah tangga kita:
  • Yang pertama, yaitu kita kehilangan cinta karena sudah terlalu terbiasa.
  • Atau yang kedua, karena adanya pertengkaran-pertengkaran. Kalau memang itu duduk masalahnya pertengkarannya memang harus dibahas dan harus diselesaikan.
  • Yang ketiga konsep pemahaman yang keliru, in syaa Allah masih bisa diperbaiki.
3. LEBIH PERHATIAN
Di awal hubungan perempuan pasti lebih perhatian, laki-laki juga demikian. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, banyak yang berubah menjadi lebih cuek. Cuek terhadap pasangan dan diri sendiri.
Cobalah lebih perhatian pada pasangan. Caranya mudah, coba tiru saja ulah orang yang sedang pacaran. Sebentar-sebentar SMS, foto selfie bareng, tanya udah shalat belum dllsb.

4. UBAH KEBIASAAN TIDAK SEHAT
Kebiasaan yang tidak sehat berpengaruh terhadap hubungan asmara. Sering makan junk food dan jarang berolahraga, apalagi jika ditambah dengan jarang mandi, itu berpengaruh pada kesehatan kulit. Membuat kita jadi tampak kurang segar, sehingga tidak terlihat menarik lagi. Selain itu tidak menjalani pola hidup sehat membuat kita lesu, dan inilah yang membuat  jadi tidak bersemangat ketika bertemu dengan pasangan.
Coba ubah kebiasaan tidak sehat yang merugikan diri sendiri dan pasangan!

5. BANGUN KOMUNIKASI YANG BAIK!
Pertengkaran dan perselisihan di antara pasangan itu sudah sangat normal dalam sebuah hubungan rumah tanga. Satu tips ketika mulai bicara adalah dengan memulai kata 'aku' daripada 'kamu' Misalnya, "Aku sedih kalau kamu bicara seperti itu," daripada "Kamu membuat aku merasa bodoh."

6. SELALU TUNJUKKAN RASA CINTA!
Jangan ragu untuk menunjukkan rasa cinta pada pasangan. Si dia harus tahu, begitu juga sebaliknya. Jangan remehkan hal kecil, walau sebatas kecupan setelah bangun tidur, atau sebungkus permen kesukaannya.

Cobalah untuk sesekali mengatakan "Aku cinta kamu" padanya. Pilihlah waktu-waktu yang tak terduga, seperti; saat bangun tidur atau mengirimkannya via sms, saat dia sedang break makan siang, sehingga menjadi surprise baginya.
Dengan cara ini, rasa cinta bisa terus dipupuk.

7. ABAIKAN KEBURUKAN DAN PUJILAH PASANGAN!
Cobalah untuk mengabaikan keburukan suami/istri selama seminggu dan puji kelebihannya. Meskipun pasangan tidak menunjukkan dengan jelas sisi baiknya, harus bisa menemukan sisi baik dan buruknya, serta menghargainya.

8. LAKUKAN SENTUHAN KECIL BERDAMPAK BESAR!
Pelukan hangat dan belaian lembut seperti orang-orang lagi pacaran, sudah jarang didapatkan? Lakukanlah sentuhan ini pada pasangan, agar ia tahu kita masih menginginkan hal ini darinya. Usapan tanda sayang di punggung, atau genggaman tangan saat berada di samping pasangan, akan membangkitkan kembali perasaan indah itu..

9. HINDARI TEMA PEMBICARAAN NEGATIF!
Saat berbincang berdua dengan pasangan, sebaiknya menghindari topik pembicaraan yang negatif dan tidak penting bagi berdua. Lebih baik, membicarakan perkembangan anak-anak, atau hal lain yang bermakna meningkatkan kualitas hubungan.

10. HINDARI MENGATUR PASANGAN !
Terkadang, pasangan tidak sadar jika satu sama lainnya sering mengontrol perilaku dan kegiatan pasangan. Caranya pun beragam seperti, melarang pasangan, mengawasi kegiatan sehari-hari, marah setiap kali tidak setuju dengan sebuah pendapat, menggurui, membela diri dan menganalisis perilaku pasangan.

Coba ubah kebiasaan mengatur pasangan untuk sesuai dengan apa yang kita inginkan. Terimalah dia apa adanya.

Sumber: Ummi-online

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes