Ini 11 Cara Menghindari Bahaya Radiasi HP

Wartadakwah.net - Saat ini hampir setiap menit kita menggunakan smartphone, mulai dari sms, menelepon, video call, sampai baca Quran pun kita bisa melakukannya melalui hp. Padahal, radiasi handphone sangat berbahaya.
 
Lalu bagaimana cara menghindarinya? Berikut ada beberapa tips Menghindari Bahaya Radiasi HP seperti dilansir Ummi-online:

1. Pergunakan headset ketika menelepon atau menerima telepon

Sebaiknya gunakan headset yang berkabel, karena headset dengan Bluetooth/ wireless juga tidak baik jika digunakan terus-menerus.

Menggunakan headset saat berbicara lewat ponsel/handphone yang anda miliki berfungsi menjauhkan sumber radiasi pada ponsel dari kepala kita.

2. Jangan menelepon atau menerima telepon terlalu lama

Radiasi hp akan meningkat saat melakukan panggilan telepon. Jadi usahakan agak menjauhkan hp dari telinga saat memanggil teman lewat ponsel, dan mendekatkan ke telinga saat suara teman  sudah terdengar. Dengan tujuan meminimalisir radiasi ponsel saat menelepon.

Manfaatkan SMS, Whats App, Line, Skype, dan lainnya yang tidak perlu terlalu banyak menempelkan hp ke wajah atau telinga kita.

3. Jangan menelepon di saat sinyal lemah

 Jangan menggunakan atau menelepon teman di hp saat kondisi sinyal ponsel lemah. Karena saat sinyal lemah, maka hp akan berusaha mencari sinyal dengan keras. Sehingga menambah radiasi pada hp.

4. Jangan menelepon ketika berada di mobil atau lift

Usahakan jangan menelepon orang lain saat berada di mobil atau di lift. Ini dikarenakan, ponsel akan menggunakan daya lebih atau besar saat digunakan di ruang berlogam dengan kondisi tertutup seperti di mobil maupun di lift.

5. Pilih handphone dengan tingkat radiasi rendah

Tips ketujuh yaitu belilah ponsel/handphone dengan tingkat radiasi yang rendah. Ini mungkin salah satu alternatif yang dapat diambil untuk mengurangi bahaya radiasi yang bisa menimpa lewat penggunaan hp.

6. Pergunakan Casing Penahan Radiasi

Kekhawatiran radiasi ponsel belakangan memunculkan casing berkemampuan khusus yang diklaim bisa meminimalisir hantaran radiasi yang berasal dari ponsel. Jika dirasa diperlukan, mungkin Sahabat Ummi bisa mencarinya di pertokoan.

7. Diam Kala Menelpon

Ketika menerima telepon sebaiknya tidak berjalan-jalan. Pasalnya, dalam keadaan bergerak sinyal ponsel akan terus mencari pancaran sinyal yang kuat dari Base Transceiver Station (BTS).
Aktivitas ini justru akan menguatkan radiasi.

8. Sudut Ruangan

Hindari menerima telepon di sudut ruangan. Sudut ruangan yang biasanya sepi namun di sisi lain terkadang juga menjadi tempat di mana sinyal telepon menjadi lemah. Nah, sinyal yang lemah justru dikatakan memicu radiasi yang lebih tinggi.

9. Gunakan Dua Telinga

Hindari penggunaan satu bagian telinga ketika bertelepon. Misalnya, selalu menerima telepon dengan telinga bagian kiri saja. Menurut para ahli, hal ini justru tidak baik. Manfaatkan kedua telinga untuk meminimalisir radiasi yang terpancar.

10. Pilih offline mode

Saat ponsel tidak digunakan, biasakan untuk mematikannya. Atau, atur menjadi offline,> standalone, atau flight mode, yang akan mematikan transmitter-nya namun masih memungkinkan Sahabat Ummi untuk menggunakan hp untuk main game atau mendengarkan musik. Pokoknya, membuka aplikasi lain kecuali menelepon dan browsing internet.

11. Kurangi bermain-main dengan smartphone

Perangkat seperti BlackBerry atau iPhone menghasilkan emisi yang lebih tinggi daripada hp, karena mereka bergantung pada energi dari baterai untuk melakukan aktivitas e-mail, koneksi internet, dan men-display warna.

Sahabat Ummi, semoga tips menghindari bahaya radiasi HP ini bisa dipraktekkan, agar terhindari dari penyakit kanker, dan penyakit lainnya yang tentu saja berefek buruk untuk kesehatan.

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes