Makanan yang Sebaiknya Dihindari Saat Berbuka Puasa

Wartadakwah.net - Momen berbuka adalah momen yang paling ditunggu-tunggu bagi Muslim yang menjalankan puasa di Bulan Ramadhan ini. Waktu ini menjadi ajang berkumpulnya keluarga atau kerabat dan menikmati makan bersama.

Berbagai jenis makanan tersaji menunggu disantap. Bahkan, beberapa jenis makanan yang biasanya jarang muncul di bulan-bulan biasa, sengaja disiapkan secara khusus untuk menemani buka puasa.
Disinilah terkadang banyak orang mengabaikan tentang pola makan sehat yang sebenarnya telah mereka ketahui. Melihat begitu banyak makanan yang menggiurkan, mulai dari yang manis, berkuah, bersantan hingga yang pedas, membuat mereka tidak peduli lagi akan kandungan gizi yang terdapat pada makanan yang mereka konsumsi.

Lovely Ranganath, ahli gizi senior di Healthtrendz mengatakan bahwa makanan sehat seringkali diabaikan, dan mereka cenderung memilih mengonsumsi makanan berbahaya untuk kesehatan tubuh.
“Beberapa orang mengabaikan makan sehat selama Ramadhan ketika fokusnya adalah pada kebersamaan dengan keluarga dan teman-teman serta berbagi makanan,” katanya seperti dilansir Gulfnews.

Lovely pun merekomendasikan, agar hanya makanan sehat yang dikonsumsi saat berbuka. Dan akan lebih baik jika kita menghindari dua jenis makanan ini ketika berpuasa.
  1. Makanan pedas
Makanan pedas akan membuat lapisan perut sensitif pasca puasa. Memberikan asupan makanan pedas saat berbuka puasa dapat menyebabkan gas dan mulas.
  1. Makanan yang digoreng
Bakwan, samosa, lumpia, dan aneka gorengan lainnya sering dijadikan hidangan berbuka. Tapi perlu diketahui, bahwa makanan ini tak mengandung nutrisi. Makanan ini justru sarat dengan lemak yang sulit diproses oleh hati. Mereka disimpan jauh sebagai jaringan lemak. Makanan ini bisa menghambat saluran pencernaan dan menyebabkan keasaman.

Maka, sebisa mungkin jagalah kesehatan kita selama Ramadhan dengan mengkonsumsi makanan yang halal dan menyehatkan. Makanan sehat akan berpengaruh baik terhadap tubuh dan akhirnya kita pun akan dapat menjalankan puasa dengan nyaman.

(fauziya/muslimahzone)

Share this:

Post a Comment

 
Copyright © Warta Dakwah | Media Pencerah Umat. Designed by OddThemes