Banjir bandang hajar Situbondo

Situbondo – Banjir bandang dan tanah longsor di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, juga menyebabkan mesin penyedot air serta pipa saluran air bersih rusak dan mengakibatkan warga di lima desa kesulitan air bersih.

“Pipa saluran air bersih di lima desa Kecamatan Sumbermalang rusak total akibat banjir bandang dan tanah longsor pada Minggu (7/1) sore. Saat ini banyak warga kebingunan mendapatkan air bersih,” kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo, Joko Purwono di Situbondo, Selasa.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari, lanjut dia, sebagian warga di lima desa yang menggantungkan pipa saluran air bersih tersebut menggunakan air sungai yang sudah kotor dan sebagian warga mengambil air bersih di desa tetangga yang bukan terdampak bencana alam.

Oleh katrena itu, katanya, politikus PPP itu meminta pemerintah kabupaten untuk segera memperbaiki saluran pipa air bersih, mengingat air bersih menjadi kebutuhan utama masyarakat untuk minum, memasak dan mandi.

“Lima desa yang saat ini kesulitan mendapatkan air bersih di antaranya, Desa Baderan, Desa Taman Kursi, Desa Kelirejo, Sumberargo dan Taman Sari, Kecamatan Sumbermalang. Tetapi tidak seluruhnya di lima desa masyarakat yang menggantungkan mendapat air bersih yang rusak akibat banjir tersebut,” paparnya.

Recommended For You

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *